A B C

Back From Baduy

Posted in Friends, Happy Times, School by Mila on November 5, 2009

Hey all. Gue dan temen-temen gue baru balik dari Baduy lhoooo. Gue cerita sedikit ya.

 

2 November 2009

Hari itu anak-anak 68 kelas XII berangkat. Anak IPA ke Halimun, anak IPS ke Baduy. Nah, gue sebagai anak IPS pergi ke Baduy naik tronton. Perjalanan sekitar 5 jam. Gue dan temen-temen sekelas gue cuma bisa duduk tanpa tau kemana arah trontonnya jalan. Udaranya pengap, jendelanya cuma 2, dengan jumlah manusia 34 orang di dalemnya. Untung masih pada idup sampe Baduy. Dan akhirnya kita sampe di terminal, entah nama terminalnya apa dan dimana. Tapi sayangnya dari situ kita masih harus jalan lagi ke Baduy Luar, tempat kita nginep. Perjalanan sekitar 1 jam, alhamdulillah ga ujan,  kalo ujan bisa tambah lama. Di tengah jalan, banyak porter-porter yang nawarin ngangkut tas, tapi gue pikir karna ini sekali seumur hidup, gue bawa sendiri aja carrier gue. Terus kita semua nyampe di Baduy Luar, ngumpul dulu nunggu instruksi selanjutnya, terus kita dikasih tau nginep di rumah yang mana. Nah malemnya ada wawancara sama orang Baduy Luar, diwakilin 3 orang tiap kelompok, yang lainnya siap-siap untuk ke Baduy Dalam besoknya. Masak, mandi di sungai, cuci piring, semuanya dalam keadaan amat sangat sederhana karna ga ada listrik. Jadi jam 6 sore aja udah gelap, dan kita butuh senter cuma buat ngeliat muka orang. Sedih.

 

3 November 2009

Today’s the day. Rencana perjalanan adalah ke Baduy Dalam. Gue agak sedikit bingung kalau disuruh cerita detail, karna rasanya ga akan sama kayak kalo ngerasain sendiri. Intinya kita naik turun 3 bukit, lewatin 3 jembatan bambu, minum air dari bambu, dan segala macem hal yang ga bakal bisa ditemuin di Jakarta. Perjalanan dari jam 7 dan kita nyampe jam 12 siang. Abis itu ada wawancara lagi sama orang Baduy Dalam, istirahat sampe jam 2 dan abis itu jalan pulang. Sebetulnya bisa nginep, cuma entah kenapa ga jadi, akhirnya hari itu juga bolak-balik. Dari Baduy Dalam kita jalan jam 2 dan sampe Baduy Luar kira-kira jam 5. Di tengah jalan padahal udah mendung mau ujan, tapi alhamdulillah ga jadi. Nyampe di Baduy Luar, anak-anak pada mandi. Abis itu masak untuk makan dan terjadilah tragedi. Kompor Tisa kebakaran, rumahnya tepat di depan rumah gue. Sempet heboh semuanya, tapi untung apinya bisa mati sebelom merembet kemana-mana. Dan akhirnya semua tidur.

 

4 November 2009

Perjalanan usai. Jam 9 kita semua jalan pulang menuju Jakarta. Tapi sayangnya dari Baduy Luar ke terminal yang kemaren itu juga mesti naik dulu. Kali ini lebih capek karna naikannya panjang, dan gue memilih untuk nyewa porter daripada bawa tas sendiri. Udah ga ada tenaga lagi juga. Akhirnya sampe terminal, begitu semua ngumpul, tronton pengap itu pun jalan. D tengah jalan, banyak yang pada mabok, minta tronton berenti dan pada muntah. Supir trontonnya kayak bawa sapi, nyupirnya ugal-ugalan banget. Jam 12 berenti di alun-alun, isoma. Sekitar jam 2 jalan lagi, sampe di Jakarta jam 6. Tronton lewat Talang, tapi karna macet, anak-anak pada jalan kaki ke sekolah. Nyampe di sekolah, semua anak-anak ngegeletak di tengah lapangan, tepar. Begitu tronton nyampe, gue ngambil tas, abis itu langsung pulang. Perjalanan ke Baduy pun berhenti sampe disitu.

 

Sayangnya hari ini gue sekolah dan dapet kabar kalo UAN jadinya tanggal 16 Maret 2010. Huaaaaaaa ga bisa istirahat dikit deh ya.

 

Regards.

Advertisements

Baduy

Posted in School by Mila on October 30, 2009

Kalau Closing Bazkom tanggal 31 Oktober, anak XII IPS sekolah gue ke Baduy tanggal 2 Novembernya. Makanya kita semua panitia kelas 3 mesti siap mental dan fisik. Perlengkapan yang harus dibawa:

  1. Beras 2 liter. 1 liter untuk di Baduy Luar dan 1/2 liter untuk di Baduy Dalam.
  2. Pakaian untuk 3 hari 2 malam
  3. Perlengkapan solat
  4. Perlengkapan mandi
  5. Perlengkapan makan (piring, sendok, gelas)
  6. Senter, rain coat, topi, sendal, jaket
  7. Makanan untuk 3 hari yang awet
  8. Obat khusus bagi yang punya penyakit
  9. Alat tulis dan alat rekam

Paling itu perlengkapan pokok yang harus dibawa. Untuk lain-lainnya, masing-masing kelompok ngerundingin sendiri.

 

Jadi ga sabar deh yaaaa

Welcome Back

Posted in School by Mila on October 11, 2009

Setelah beberapa minggu absen posting karna kehilangan passion nulis, akhirnya gue kembali mendapatkan mood itu.

Jadi selama 2 minggu terakhir ini, yang paling kerasa beda adalah Bazkom. Bagi yang belom tau, Bazkom itu adalah acara bazaar dan kompetisi, acaranya SMAN 68, yang sekarang ini dipegang sama angkatan 2010. Tema Bazkom 2009 ini adalah Food Festival, jadi bisa dibayangin kan isinya apa aja. Selain ada stand-stand makanan yang enak, pertandingan dari sekolah-sekolah yang berpartisipasi, tiap hari Minggu juga ada band-band yang bakal tampil untuk ngeramein suasana. Pokoknya dijamin ga rugi dateng ke Bazkom Food Festival.

Oh ya, gue punya cerita sedikit. Jadi waktu selesai acara Bazkom, ada rapat evaluasi di lapangan. Yang bikin ga enaknya, kadang evaluasinya suka dijalanin waktu sekolah lain yang abis tanding masih ada di sekitar. Tapi gue rasa itu ga jadi masalah besar, dan bukan itu yang mau gue share.

Jadi evaluasi waktu itu udah jam 10, orang tua gue udah nelpon-nelpon nyuruh pulang. Untung ancemannya cuma gue disuruh keluar dari kepanitiaan kalo pulangnya lebih dari setengah 11. Padahal gue udah bilang bentar lagi evaluasi selesai, tapi tetep aja orang tua gue mau ngomong sama yang mimpin evaluasi, maksudnya gue disuruh ijin pulang duluan. Mau ga mau ya gue kasih handphone gue dan begitu pemimpinnya selesai nerima telpon, dia langsung nyuruh evaluasinya cepet selesai. Gue pikir abis itu bakal fine-fine aja. Eh ga taunya malah hari berikutnya, si pemimpin evaluasi ini ngomong ke anak seangkatan dengan kata-kata yang diputer balik. Padahal waktu gue konfirmasi ke orang tua gue, apa yang diomongin sama pemimpin evaluasi ini ga bener. Gue jadi bingung, sebenernya emang orang tua gue yang salah ngomong ke dia apa emang mulut dia aja yang ceplas-ceplos?

Yah, siapa pun yang bohong nantinya, telen aja sendiri dosa yang dia bikin. Gue ga ikut campur.